Friday, 28 October 2011

Sumpah Pemuda beats "Sumpe Lo?"?


SUMPAH PEMUDHA
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDHONESIA MENGAKU, BERBANGSA SATU, BANGSA INDHONESIA.
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDHONESIA MENGAKU, BERTUMPAH DHARAH SATU, TANAH AIR INDHONESIA.
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDHONESIA MENGAKU, MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN,BAHASA INDHONESIA


Masih pada inget sama Sumpah yang diserukan tanggal 28 Oktober 1928 kan? Ciye… yang masih mudah harusnya hapal dong. Kelas 4 SD juga udah tau.. Malu dong kalo ga hapal..


 ...
Baiklah saya ngaku kalo teksnya agak-agak diintip dari google.

Kembali ke lektop. Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai hari Sumpah Pemuda. Tau sejarahnya? Kalo kelas 4 SD aja tau tentang Sumpah Pemuda, terus terang anak muda kayak kita pasti beberapa udah lupa (termasuk yang nulis). Jadi kalo mau ngebahas tentang Sumpah Pemuda, yang paling diinget sama siapapun orang Indonesia itu, sumpahnya padahal sejarah sama sumpahnya sama-sama penting.. Sumpah Palapa di Kerajaan Majapahit? Tau isi sumpahnya? Tapi pada tau kan sejarahnya… Orang pintar sih harusnya tau. Untung saya buka orang pintar.

Setau saya sih ya, Sumpah Pemuda itu diserukan pas ada Kongres Pemuda 2. Sumpahnya itu dibuat oleh Bapak M. Yamin. You know? And maybe you must know. Saya rasa Bapak M. Yamin sudah menjadi orang tua pada saat itu.

Oh, ternyata itu buat ngedidik anak-anak supaya punya pendidikan berkebangsaan yang baik. Oke juga ya orang Indonesia. Tapi kok kayaknya kondisi sekarang ngga sesuai sama yang diharepin ya?

Kondisinya terbalik, dibalik fasilitas pendidikan yang memadai, malah ngebuat banyak siswa nyelonong. Nyatanya emang pendidikan yang bener malah disalahgunakan, justru yang kurang selalu berharap pendidikan mereka bener. Tsk, kapan majunya ya? Disisi lain kita semua emang belum bisa mencapai apa yang diinginkan para pemrakarsa Sumpah Pemuda. Tapi kita pasti bisa kok buat bersatu kayak Sumpah yang didedikasikan untuk kita. Matahari di hari sumpah pemuda ini memang sudah terbenam... Tapi tidak semangat kita para muda mudi Indonesia!


Happy Youth's Swear day!
..eh iya hampir lupa sumpah ketiga!  Selamat hari Sumpah Pemuda!