Thursday, 22 March 2012

5 cm.

Zafran tiba-tiba berkata lembut sambil memainkan daun-daun cemara kecil basah di dekatnya. “Plato, seorang filsuf besar dunia pernah bilang bahwa nantinya dalam kehidupan setiap manusia akan terjebak dalam sebuah gua gelap yang berisi keteraturan kemapanan, dan mereka senang berada di dalamnya. Karena mereka terbuai dengan segala kesenangan di sana dengan apa yang telah mereka capai, hingga akhirnya mereka takut keluar dari gua tersebut. Mereka memang bahagia, tetapi diri mereka kosong dan mereka nggak pernah menemukan siapa diri mereka sebenarnya… mereka nggak punya mimpi.
—halaman 62


“Enggak mau nyerah,” ujar Zafran.
“Bukan nggak mau nyerah, tapi nggak bisa nyerah. Kalo kita bilang nggak mau nyerah berarti ada kemungkinan kita mau nyerah. Tapi kalo lo udah bilang lo nggak bisa nyerah… sepertinya itu kata terakhir.”
...
Zafran menatap ke nyala api dan berkata, “Our greatest glory is not in never falling… but in rising every time we fall.”
“Keren!”
“Siapa tuh, Ple?”
“Confucius.
—halaman 361


”Betul! begitu juga dengan mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar taruh disini.” Ian membawa jari telunjuknya mengaggantung mengambang di depan keningnya…
“Kamu taruh disini… jangan menempel di kening.
Biarkan…
dia…
menggantung…
mengambang…
5 centimeter…
di depan kening kamu…”
” Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri…”
—halaman 362-363

5 comments:

Dista Maria Zefanya said...

my favourite book! udah baca berkali-kali dan ngga pernah bosen. recomended bgt buat yang mau ujian kaya kamu nih :)

Theresia Novianti said...

:)

AB said...

HUA! novel 5 cm ini super bagus :D

ayrine said...

feel like trying to place my dream 5centi away my eyes! love that idea. brilliant.
beautiful.
:)

Theresia Novianti said...

indeed :)